Saturday 7 March 2015

Walemping Alternatif Soppeng - Makassar



Menjelang berakhirnya masa jabatan sebagai kepala daerah selama dua priode, Bupati Soppeng, Drs H.A Soetomo, MSi, masih terus merespon aspirasi masyarakatnya. Salah satunya, terkait perbaikan jalan di wilayah pelosok di Kampung Walemping, Desa Pesse,
Kecamatan Donri – donri, Kabupaten Soppeng.

Dengan kondisi wilayah pegunungan dengan jarak tempuh sekitar 18 KM dari pusat Kota Kalong. Demi memenuhi harapan masyarakatnya, dengan menggunakan anggaran pribadi sekitar Rp 300 juta perbaikan jalan berupa pemadatan dan pelebaran telah dilaksanakan.
"Alhamdulilah di awal Tahun 2015 telah berjalan, banyak manfaat dengan perbaikan jalanan tersebut. Selain akan memperlancar perekonomian masyarakat, jalan tersebut nantinya akan menjadi jalan alternatif terdekat dari Kampung Benteng Lawo, Watansoppeng ke Kecamatan Takkalasi Kabupaten Barru," kata A Soetomo saat ditemui di Pondok Kebunnya di atas Bukit Asmo di Galung Langie.
Salah satu yang membuatnya terobsesi dalam memperbaiki jalan tersebut, yakni saat melihat warganya berbondong-bondong bertandang ke pondoknya. Bupati dua priode tersebut mengungkapkan bahwa pada awalnya, dengan kehadiran warga tersebut tersirap adanya aksi unjuk rasa. Namun ternyata warga hanya menyampaikan aspiranya, agar melanjutkan perbaikan jalan yang telah dilakukannya sekitar 3 KM dan diperpanjang lagi sejauh kurang lebih 15 KM.
Pemerintah daerah sebelumnya telah memperbaiki jalan sejauh 3 KM dari Kampung Bentenge ke Galung Langie dengan menggunakan aspal hotmix atau beton khusus jalanan dalam. Guna menindaklanjuti perbaikan jalan yang telah dirintis tersebut, pemerintah membutuhkan anggaran sekitar Rp 58 M termasuk membangun tiga buah jembatan," tambah Kabid Prasarana Jalan dan Jembatan Dinas PU Soppeng, Ir Mulyadi Tinggi MT.
Langkah untuk mewujudkan aspirasi warga tersebut, pemerintah daerah telah mengajukan proposal pengajuan anggaran kepada Pemerintah Pusat agar dapat membantu perbaikan jalan alternatif tersebut dengan menggunakan APBN. Jarak tempuh Watansoppeng ke Makassar ditempuh sekitar 180 KM, namun jika jalan alternatif dari Bentenge Watansoppeng ke Takkalasi Barru diperbaiki, maka jarak tempuh hanya sekitar 140 KM. Belum lagi, jika dengan perbaikan jalan ini akan dapat ditingkatkan fungsinya menjadi jalan Pusat kegiatan wilayah antara Pelabuhan Parepare dengan Pelabuhan Bajoe. Bahkan akan dapat lebih ditingkatkan lagi menjadi PKN (Pusat Kegiatan Nasional),"tegas Mulyadi.
Hal senada diungkapkan Plt Kadis PU, Ir A Rizal MT bahwa dengan harapan besar realisasi perbaikan jalan tersebut, pemakai jalan akan menikmati perjalanan yang berliku dengan tanjakan yang cukup tajam dengan melewati pemukiman penduduk. Bahkan dengan kondisi alam yang masih asri, udara sejuk dingin akan dirasakan pemakai jalan.

No comments:

Post a Comment